Diskusikan Indonesia sebagai Pusat Pertumbuhan ASEAN 2045, Kemenko Bidang Perekonomian dan FISIP Undip Adakan Seminar Ekon Goes to Campus

Posted by Maskur

November 23, 2023

Semarang (23/11) – Pada hari ini, acara bertajuk “Ekon Goes to Campus” digelar sebagai bagian dari program Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Acara ini mengangkat tema yang menarik, yaitu “Menuju 2045, Indonesia Mewujudkan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan di Kawasan.” Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pertanggung jawaban Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terhadap Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih luas dan menyeluruh terkait hasil Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023, kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membangun kesadaran akan peran serta masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan rekomendasi kebijakan terkait. Dengan melibatkan sivitas akademika, Ekon Goes to Campus bertujuan sebagai sarana sosialisasi program dan kebijakan di bawah lingkup Kementerian Koordinator Perekonomian.

Wakil Dekan Sumber Daya FISIP Undip, Ika Riswanti Putranti, S.H., M.H., Ph.D, mewakili Dekan FISIP Undip, secara resmi membuka acara ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya ASEAN sebagai organisasi regional yang tengah berkembang pesat dengan beragam isu yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk memberikan wawasan baru, mendorong penelitian, serta menginspirasi ide-ide riset yang terkait dengan ASEAN.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah narasumber terkemuka diantaranya Netty Muharni (Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), Carolina Tinangon (Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI), Tri Hidayatno (Koordinator Kerja Sama Ekonomi ASEAN, Kemenko Perekonomian), Wulan Damayanti (Analis Kebijakan), serta Dr. Drs. Muhammad Adnan, M.A. (Dosen Politik dan Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP).

Acara ini terbagi dalam dua sesi utama, yakni sesi pemaparan materi dan sesi diskusi yang dipandu oleh Ibu Neny Marlina, S.IP, MA sebagai moderator. Sesi-sesi ini memberikan ruang bagi para peserta untuk memperoleh informasi mendalam sekaligus berpartisipasi aktif dalam mendiskusikan gagasan, ide, serta rekomendasi terkait arah pembangunan Indonesia menuju 2045 sebagai pusat pertumbuhan ASEAN.

Turut memeriahkan acara, pada seminar ini diadakan games terkait tema kegiatan yang diikuti para perserta kegiatan. Games dilakukan serentak menggunakan gawai masing-masing peserta. Terpantau para peserta dengan antusias menjawab pertanyaan yang muncul pada layar ponsel mereka. Momen ini sekaligus sebuah bentuk post-test dalam melihat pemahaman peserta pada sesi paparan materi dan diskusi yang telah dilakukan.

Seminar “Ekon Goes to Campus” menjadi momentum penting bagi perguruan tinggi dan masyarakat dalam memahami peran strategis Indonesia dalam konteks regional ASEAN. Diharapkan, dari kegiatan ini akan lahir gagasan-gagasan inovatif dalam mewujudkan visi 2045 Indonesia sebagai pusat pertumbuhan utama di kawasan ASEAN.

Posted by Maskur

November 23, 2023

@DIS UNDIP news

0 Komentar