Meningkatkan Keterampilan Menulis Jurnal dan Proposal Grant Internasional bersama Visiting Professor Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan

Posted by Maskur

Juli 24, 2023

Semarang (24/7) – Dalam rangka mendukung visi Undip menjadi world class university, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNDIP) senantiasa berperan aktif dengan meningkatkan kualitas akademik. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengundang professor dari universitas luar negeri dalam kegiatan akademis berupa kegiatan Visiting Professor yang melibatkan mahasiswa dan dosen. Pada kegiatan Visiting Professor kali ini, FISIP Undip mengundang Professor Ward Berenschot yang merupakan Profesor Antropologi Politik Komparatif di Universitas Amsterdam dan peneliti senior di KITLV Leiden.

Kegiatan Visiting Professor tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. Hardi Warsono, M.T, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiwaan, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, Ketua Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan Fisip Undip, Dr. Nur Hidayat Sardini, M.Si, dosen, serta mahasiswa.

Dekan FISIP Undip dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Prof. Ward Berenschot dari KITLV/Universitas Amsterdam, Belanda diharapkan semakin mendukung visi fakultas dan universitas untuk memiliki kualitas Kelas Dunia. Selain itu, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin juga memberikan highlight mengenai urgensi penelitian dan publikasi yang signifikan di tingkat universitas. Beliau juga sangat mendukung kegiatan ini terutama dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas penelitian dan publikasi yang menjadi indikator terpenting di tingkat universitas dan kementerian pendidikan tinggi.

Selanjutnya Prof. Ward Berenschot dalam pemaparan materinya menyampaikan tips dan trik dalam menembus jurnal internasional bereputasi serta penulisan proposal hibah riset internasional. Beliau menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis jurnal ilmiah dan publikasi seperti persyaratan jurnal, banyaknya kata yang digunakan, materi penelitian yang disampaikan secara eksplisit dan jelas, pengetahuan baru yang diberikan, penggunaan metode yang jelas, materi yang menarik, penggunaan teori, elemen abstrak, dan gaya penulisan.

Serangkaian kegiatan Visitin Professor bersama Prof. Ward Berenschot ini rencananya akan berlangsung dari hari Selasa sampai dengan hari Senin, 25 – 28 Juli 2023 dengan agenda Bedah manuskrip artikel jurnal internasional.

Posted by Maskur

Juli 24, 2023

@DIS UNDIP news

0 Komentar